Rabu, 02 Oktober 2024

Disnakertrans Selidiki Pekerja PT Three G Diving Tenggelam di Sungai Siak

Administrator - Rabu, 07 Agustus 2024 18:04 WIB
Disnakertrans Selidiki Pekerja PT Three G Diving Tenggelam di Sungai Siak
Tongkang PT RAPP tenggelam di sungai Siak
viralnasional.com -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau menyelidiki dan menginvestigasi kecelakaan kerja yang menimpa seorang karyawan PT Three G Diving di Sungai Siak.

Baca Juga:
Pekerja kontraktor itu tewas saat pengerjaan selvage (pengapungan) dan penyelaman bawah air kapal tongkang milik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Peristiwa itu terjadi di Sungai Siak, Koto Gasib, Kecamatan Rantau Panjang, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (25/7/2024) lalu. Korbannya adalah seorang pekerja kontraktor bernama Rahmat Rianto (30).

Kabid Pengawasan Disnaker Transportasi Riau, Bayu Surya membenarkan peristiwa kecelakaan kerja tersebut. Saat ini Disnakertrans Riau sedang mengirimkan pengawas ketenagakerjaan untuk melakukan investigasi.

"Benar telah terjadi kecelakaan kerja yang menewaskan seorang pekerja kontraktor pengerjaan proyek PT RAPP. Saat ini kami telah mengirimkan pengawas ketenagakerjaan ke lokasi untuk melakukan investigasi. Kita tunggu saja laporannya," kata Bayu, Rabu (7/8/2024).

Sementara itu, Rice, pengawas yang ditugaskan untuk melakukan penyelidikan mengatakan, saat ini investigasi masih berjalan. "Namun, kalau semua sudah kami periksa, kami akan bikin laporan ke kepala bidang. Kami belum bisa memberikan laporan karena investigasi masih berjalan," ungkap Rice.

Terpisah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru Budi Cahyadi menjelaskan, pihaknya telah melakukan upaya pencarian korban di lokasi kecelakaan. Korban ditemukan oleh tim SAR pada Jumat (26/7/2024) dalam keadaan meninggal dunia.

Dijelaskan, peristiwa berawal ketika korban bersama 12 rekannya yang merupakan pekerja kontraktor PT Three G Diving dikontrak oleh PT RAPP Buatan sejak 19 Juli 2024, untuk mengerjakan pengapungan kapal tongkang.

Lima hari dimulainya pekerjaan, yakni Kamis (25/7/2024) sekitar pukul 10.30 WIB, seperti biasanya korban bergantian melakukan penyelaman untuk melakukan penyemenan di dalam air.

"Setelah 15 menit tak muncul ke permukaan, rekan korban Iwan menyusul ke dalam air, dan meminta Rahmad Riyanto agar segera naik kepermukaan. Kemudian mereka berdua naik tetapi menggunakan jalur tali yang berbeda," kata Budi.

Kemudian, dua rekan lainnya yang berada di permukaan, melihat korban meminta tolong sambil memutar tubuhnya. Melihat hal ini, kedua rekan korban yakni Ipul dan Udi segera melompat ke air untuk melakukan pertolongan.

"Rekan korban Ipul dan Udi sempat memegang tangan dan mencoba menarik korban. Namun, keduanya tidak sanggup menarik karena tubuh korban seperti tertahan di dalam air. Setelah pegangan tangan korban terlepas dia langsung tenggelam dan tidak terlihat lagi," ungkap Budi. Atas kejadian tersebut, pihak perusahaan dan rekan korban melapor ke pihak berwenang untuk melakukan pencarian.***(BRS)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapal Tongkang Muatan Granit Bocor di Perairan Meranti
Muatan Sayur, Kapal Port Express 22 Terbakar di Meranti
Kapal Nelayan Tabrak Karang, 1 Orang Tewas 12 Selamat
Diterjang Gelombang, Kapal Lebanon Tenggelam  di NTT, 4 Orang Hilang
Ini Kronologi Kecelakaan Kapal Pesiar Hilangkan Konglomerat Inggris Mike Lynch
Kapal Tongkang di Batam Nyaris Tabrak Rumah Warga
komentar
beritaTerbaru