Rabu, 02 Oktober 2024

Hati-hati Beli iPhone 16, Banyak Penipu Menawarkan Diskon

Administrator - Rabu, 18 September 2024 20:54 WIB
Hati-hati Beli iPhone 16, Banyak Penipu  Menawarkan Diskon
f-ilustrasi
viralnasional.com - - Ancaman penipuan phising terjadi setelah debut iPhone 16 awal minggu ini. Kaspersky melaporkan sejumlah aksi kejahatan terkait peluncuran smartphone terbaru dari Apple.

Baca Juga:
Salah satunya adalah penawaran dengan diskon hampir 40%. Modusnya, para calon korban akan diarahkan pada situs web dan melakukan pembayaran yang ternyata menjadi awal menguras uang korbannya tanpa mendapatkan iPhone 16 yang dijanjikan.

Para peneliti dari Kaspersky juga menemukan website berbahasa spanyol terkait iPhone. Isinya adalah tawaran layanan kehilangan atau pencurian ponsel dan cara menemukan HP dan menghubungi layanan perbaikan.

Namun mereka akan diminta data pribadi berupa ID Apple. Ini bakal jadi kunci memasuki layanan digital milik korban, termasuk mengantongi data seperti nama hingga alamat email serta masuk ke iCloud dan memiliki akses ke file.

Selain itu juga ada potensi pembelian tidak sah dengan Apple ID dan menguras uang dari Apple Wallet. Terakhir perangkat bisa dikunci dan ditahan untuk tebusan.

Pakar Keamanan Kaspersky, Olga Svistunova mengingatkan beberapa cara untuk menghindari penipuan terkait iPhone 16. Salah satunya hanya menggunakan kanal resmi untuk melakukan pembelian.

"Saat melakukan pembelian baru, tetaplah menggunakan saluran resmi, bersikap skeptis terhadap penawaran yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, dan

selalu verifikasi URL sebelum membagikan informasi pribadi apa pun. Penipu mengandalkan penggemar yang sangat antusias dan menjadi lengah, jadi kewaspadaan adalah kuncinya," kata Olga, dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (13/9/2024).

Selain itu berikut tips menghindari jadi korban penipuan:

1. Gunakan kanal resmi untuk membeli atau melakukan pemesanan

2. Hindari mengklik link dari situs web yang tidak dikenal

3. Waspada pada penaaran yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan

4. Periksa link dan alamat email. Sebab penipu membuat web palsu yang identik dengan aslinya. Pastikan URL dimulai dengan https:// dan cocok dengan domain website resmi

5. Tidak emmbagikan informasi pribadi. Waspada pada situs dan email yang meminta informasi sensitif

6. Aktifkan autentikasi dua faktor (2FA), khususnya yang terhubung dengan metode pembayaran

7. Verifikasi informasi pra pemesanan, kunjungi kanal resmi Apple atau saluran berita untuk mendapatkan informasi yang benar

8. Periksa aktivitas perangkat dan laporkan transaksi mencurigakan dan meragukan

9. Pakai solusi keamanan. ***(cnbci)

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pengguna iPhone Diminta Hapus Google Chrome
Tak Bisa Membelikan iPhone untuk Anak, Seorang Ayah Berlutut ke Kakinya
Prabowo: iPhone Dilarang Impor tetapi Harus Buka Pabrik di RI?
Polisi Tangkap Diduga Joki IMEI di Batam
BC Batam Gagalkan Penyelundupan 455 iPhone Bekas Tujuan Jakarta
Samsung Galaxy S24 Bikin Pembeli iPhone 15 Menyesal
komentar
beritaTerbaru